Senin, 16 Mei 2011

ARTI DAN MAKNA DARI LAMBANG MOONRAKER


Arti dan makna dari lambang MOONRAKER


Salam Wanieun,

Didalam organisasi, Tim, Klub, bahkan Negara pasti mempunyai Lambang dan Bendera.
Bahasa simbol pun sudah dipakai oleh peradaban-peradaban leluhur untuk mempertahankan esensi dari makna supaya tidak tergerus oleh waktu dan pesan tersebut tetap dapat disampaikan.
Disini saya akan memperjelas tentang lambang dari klub MOONRAKER, yaitu sebuah klub motor Hobi di Jawa Barat yang terdaftar di IMI (Ikatan Motor Indonesia).

Jika di XTC menggunakan lambang “lebah” yang bagi orang Mesir Kuno lambang lebah telah dianggap sebagai simbol Kreatifitas.
Sedangkan di BRIGEZ menggunakan lambang “kelelawar” yang mengartikan segala aktivitas dan kegiatan dilakukan pada malam hari.
Bagi orang Cina lambang kelelawar dianggap sebagai simbol Kebahagiaan dan umur panjang(Abadi).
Demikian juga organisasi MOONRAKER yang memakai lambang "Serigala bersayap/Terbang" yang bagi orang Romawi dan Mesir Kuno lambang serigala diartikan sebagai simbol Pemberani (Wanieun:Sunda).
Arti lain lambang serigala dapat diartikan sebagai simbol semangat, persatuan, kecepatan dan kebersamaan/solidaritas.

Seekor serigala mampu menaklukan buruannya dengan cepat, dan seekor serigala mampu mencerai beraikan buruannya yang sedang berkumpul.
Lambang serigala pun dipakai sebagai simbol kota Roma, Tim sepakbola AS Roma, Tim NBA Minnesota, Mozilla Firefox (Serigala Berapi yang menguasai Dunia), Amarok aplikasi musik utk Linux & Unix, FOX racing,dan masih banyak lagi.

Lambang kedua MOONRAKER terdiri dari “Sepasang Sayap Garuda” yang hampir sama dengan sayap pada simbol negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila.
Hal yang menunjukkan bahwa klub MOONRAKER adalah bagian dari negara Indonesia dan cinta Indonesia. Hanya perbedaannya sayap pada lambang Indonesia berjumlah 17 bulu pada masing-masing sayap yang menandakan hari kemerdekaan negara tersebut yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945. Sedangkan sayap dari lambang MOONRAKER berjumlah 14 bulu pada masing-masing sayap dan jika dijumlahkan menjadi 28 bulu yang mengingatkan akan berdirinya organisasi tersebut pada tanggal 28 Oktober 1978.
Burung garuda dilukiskan sebagai burung rajawali seutuhnya dimana kepakan sayapnya yang sangat kuat. Maka sayap garuda sendiri pun dianggap sebagai simbol Kekuatan.

Lambang ketiga, Mata rantai yang terdapat pada lambang MOONRAKER melambangkan unsur generasi penerus yang turun temurun dan tidak akan pernah terputus. Didalam mata rantai tersebut terdapat tulisan M2R yaitu singkatan dari nama klub MOONRAKER.

Lambang keempat MOONRAKER terdapat Pita yang menyerukan semboyan “Bandung Speed Maniac” (Anak-anak Bandung yang maniac akan sebuah kecepatan).
Semboyan ini terbukti dengan banyaknya prestasi yang diperoleh oleh para anggota dalam berlomba. Sekitar tahun 2008 semboyan tersebut diganti menjadi “Jabar Sport Club” yang dapat diartikan sebagai Klub motor di Jawa Barat yang menjunjung Sportifitas dan kini semboyan itu berubah lagi menjadi “Indonesia Sport Club”.

Kemudian keempat lambang itu disatukan dalam sebuah Tameng yang dianggap sebagai simbol dari Perlindungan diri

Pesan : Janganlah kita melihat lambang sampai lupa esensi sesungguhnya dari lambang tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar